Lulusan SMK lebih baik kerja atau kuliah?
Oleh Fajar Rahmat Agustian

By SMKN 1 SEKAMPUNG 08 Okt 2020, 18:44:46 WIB Pendidikan
Lulusan SMK lebih baik kerja atau kuliah?

Gambar : Kerja atau Kuliah?


Tak jarang dari kita yang sedang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas belum tahu langkah tujuan selanjutnya setelah lulus nanti. Akankah melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi? Atau Langsung Kerja? toh pada akhirnya juga tujuannya kerja.

Sebenarnya, dua tujuan ini adalah pilihan masing-masing individu, yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Bila dilihat-lihat lagi, pertanyaan ini sebenarnya tak beda jauh dengan “Sehabis lulus S-1, lebih baik kerja atau lanjut kuliah S-2?”

Bila memang kondisi finansial keluarga kalian hanya sanggup untuk bersekolah sampai SMK, tak apa-apa. Yang penting lulus SMK bisa langsung mendapatkan pekerjaan. Toh, bekal pengalaman kerja serta ilmu yang didapat sudah cukup untuk mengarungi dunia profesional di usia yang muda.

Namun sayangnya, lulus SMK (dan sederajat) di zaman sekarang memang tidak cukup. Persaingan yang ketat membuat lulusan ini kadang kesulitan mencari pekerjaan. Aku masih ingat ketika bertemu salah seorang mantan teman kerja setahun lalu. Di usianya yang saat itu 22 tahun, dia mulai kesulitan mencari pekerjaan untuk lulusan pendidikan menengah atas karena perusahaan lebih menginginkan karyawan fresh graduate alias baru lulus. Alhasil, lulusan SMK dan sederajat beberapa tahun yang lalu pun makin lama makin tersingkir. Selain itu, jenis pekerjaan yang ditawarkan untuk lulusan SMK pun berada di level bawah (entry level).

Jadi, untuk menunjang karir yang lebih baik, menurutku lulusan SMK semestinya mengenyam pendidikan tinggi, setidaknya S-1. Syukur syukur bila sanggup sampai S-2. 

Selain itu, mengambil pendidikan tinggi juga menambah wawasan keilmuan mereka, tak hanya seputar dunia akademis melainkan pula dunia non akademis. Menurutku, inilah hal-hal yang seharusnya bisa diasah para lulusan SMK bila ambil kuliah, dan ini pula yang membuat mereka lebih spesial dibandingkan mereka yang sehabis lulus langsung kerja.

Ini bukan berarti aku melarang kalian wahai calon lulusan SMK untuk lanjut kerja sehabis lulus sekolah. Bukan. Memutuskan mau kerja atau kuliah - atau justru ambil dua-duanya - adalah soal preferensi pribadi berdasarkan faktor internal dan eksternal yang ada dalam dirinya. Komunikasikan hal ini dengan orang tua juga menjadi saran yang lebih baik untuk kalian.

Pendidikan yang lebih tinggi akan membawa wawasan yang lebih tinggi. sehingga kita akan memiliki manajemen yang lebih baik pula. Dan tak perlu berkecil hati jika kita belum dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

~Tak perlu terlalu terang, cukup selalu ada dan tak kunjung padam~




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment