Cara Mengatasi Jenuh Saat belajar Daring
Oleh : Ilham Aziz,S.Pd

By SMKN 1 SEKAMPUNG 06 Okt 2020, 17:50:08 WIB Pendidikan
Cara Mengatasi Jenuh Saat belajar Daring

Gambar : Bosan belajar daring


Pandemi Covid-19 yang saat ini tengah melanda seluruh punjuru dunia, memaksa semua orang untuk berada dirumah dan memiliki dampak yang sangat luar biasa bagi kita semua sehingga tidak bisa melakukan aktivitas diluar rumah seperti biasanya. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap bekerja dirumah (WFH), belajar dirumah, dan beribadah dirumah.

Upaya tersebut merupakan cara untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).Belajar dirumah dengan menggunakan sistem pembelajaran online (daring) menjadi alternatif metode pembelajaran yang diterapkan oleh sekolah di masa pandemi ini. Namun, terkadang belajar dirumah membuat para siswa merasa jenuh, malas, dan tidak produktif hingga merindukan suasana belajar di sekolah dan bertemu dengan teman – teman sejawat.
Lima cara atasi jenuh belajar dirumah saat pandemi Covid-19 adalah:

1. Buat Target yang Ingin dicapai
Dalam usaha mencapai suatu target yang diinginkan, sangat penting menuliskan semua list target yang akan dicapai. Tidak mampu hanya mengandalkan otak agar dapat mengingat target yang akan kita capai, karna kekuatan otak kita tidak selalu mampu untuk mengingatkan.Tulis target yang akan kamu capai di kertas, lalu tempelkan pada
tempat – tempat yang sering dilalui atau dilihat seperti di lemari, dinding kamar, dan kaca.Dengan menuliskan target yang ingin dicapai tentu memiliki kekuatan dan motivasi yang besar untuk mencapainya, sehingga deadline yang diberikan guru saat belajar dirumah dapat terselesaikan dan kamu dapat produktif selama dirumah.

2. Atur Waktu Belajar yang Efektif
Kewajiban seorang pelajar adalah belajar, belajar tidak hanya disekolah namun bisa dilakukan di rumah juga. Mungkin banyak di antara kita kesulitan mengatur waktu belajar saat pembelajaran dialihkan belajar dirumah. Setiap orang memiliki waktu yang sama, namun setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengatur waktu belajar agar lebih efisien dan efektif. Dengan terbiasa mengatur waktu belajar akan membuat kita bisa menentukan mana hal yang prioritas untuk dikerjakan. Cara mengatur waktu belajar agar efektif adalah membuat jadwal harian agar kegiatan kita lebih terorganisir.
Kemudian mengontrol diri dan konsisten terhadap jadwal yang telah dibuat, melakukan hal yang menyenangkan seperti bermain game merupakan hal yang wajar, namun tidak boleh berlebihan karna hal tersebut dapat mengganggu jadwal yang telah kita buat. Maka dari itu perlu mengontrol diri sendiri agar waktu kita tidak terbuang percuma.

3. Rapikan Meja Belajar
Setelah menentukan waktu belajar, cara selanjutnya adalah dengan merapikan meja belajar. Bagaimana kamu bisa fokus dan semangat belajar kalau meja belajar kamu masih berantakan. Hal yang harus kamu lakukan memulai dengan membersihkan kertas – kertas yang tidak terpakai dan benda – benda yang yang sudah tidak kamu gunakan lagi serta peralatan yang sekiranya tidak perlu di letakkan diatas meja. Pastikan posisi meja belajar kamu terletak dengan posisi yang cukup nyaman agar kamu bisa belajar dan berkreasi diatas meja belajar dengan nyaman.

4. Refreshing One Day Full
Tidak ada salahnya kita meluangkan waktu sehari saja untuk berjalan – jalan sekedar untuk menghilangkan rasa penat dan jenuh belajar. Kunjungi tempat yang sekiranya membuat kamu merasa nyaman dan rilex seperti jalan – jalan ke kebun teh, danau, dan puncak. Refreshing tidak selalu dengan budget yang mahal, kamu bisa pergi ke tempat yang dirasa nyaman tidak tertutup kemungkinan kamu hanya dirumah saja dengan melakukan hobi mu. Ingat ya, refreshing one day full boleh dilakukan satu kali dalam seminggu. Jika kamu sering melakukannya setiap hari hal tersebut tidak baik karena akan membuat kamu malas dalam mengerjakan target yang telah kamu susun sebelumnya.

5. Belajar Bareng Teman
Di zaman yang serba canggih ini, belajar bareng teman di masa pandemi covid’19 bisa menggunakan aplikasi yang sudah tersedia seperti video call, zoom, google meeting dan masih banyak lagi. Belajar bareng teman kamu bisa me – upgrade pengetahuan kamu serta bertukar informasi terkait pembelajaran yang diberikan guru melalui daring. Dengan belajar bareng temen tentunya dapat menghilangkan rasa bosen dan jenuh. Hal tersebut membuat kamu lebih semangat belajar karena kamu belajar tidak sendirian, Kamu bisa mengajak beberapa teman dan jangan lupa tentukan jadwalnya agar lebih efektif.

Itulah beberapa cara atasi jenuh belajar di rumah saat pandemi covid’19. stay at home dan patuhi protokol pemerintah dan ingat lah kesehatan adalah segalanya, tanpa tubuh yang sehat kita tidak mampu melakukan aktivitas. Tetap terapkan perilaku hidup bersih dan sehat dimanapun kamu berada.

Semoga pandemi segera berakhir dan kita dapat melaksanakan belajar tatap muka seperti biasa lagi,




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment